Simplex
Tahun
1887 : pabriknya didirikan di Utrecht Stationdwarsstraat (di Jalan Stasiun)
dengan nama “Simplex Automatic Machine Company”.
Pendirinya seorang berkebangsaan Inggris, Charles Bingham.
Tahun 1890 : Simplex memulai produksi sepedanya secara lengkap / utuh.
Piet Leeuwenberg dari Dekft pendirinya dan Charles Bingham masuk menjadi dewan direksinya tahun 1893.
Keluarga Leeuwenberg menjadi wakil direksinya sampai
tahun 1954.Produksi sepeda Simplex pada tahun1896 telah mencapai 5000 buah sepeda setelah
pindah tempat di Overtoom, Amsterdam. Tahun inilah Simplex mendapatkan status
sebagai pabrik sepeda terbesar di Amsterdam.
Tahun 1899 : pabrik sepeda ini bernama NV Simplex, pabrik mesin, sepeda, dan motor.
Tahun 1908 : Simplex meluncurkan sebuah model sepeda roda tiga (khususnya untuk mengangkut orang sakit). Model ini secara tidak langsung untuk angkutan jarak jauh.
Tahun 1939 : Simplex memperkenalkan sebuah sepeda alumunium dengan berat 12 kg.Produksi terhenti akibat perang antara tahun 1943 akhir tahun 1945.
Tahun 1952 : Simplex bergabung dengan Locomotief, dan sekitar tahun 1960 telah menghasilkan 55.000 sepeda. Berarti telah memberikan kontriusi 10% dari produksi sepeda di Belanda.
Pendirinya seorang berkebangsaan Inggris, Charles Bingham.
Tahun 1890 : Simplex memulai produksi sepedanya secara lengkap / utuh.
Piet Leeuwenberg dari Dekft pendirinya dan Charles Bingham masuk menjadi dewan direksinya tahun 1893.

Tahun 1899 : pabrik sepeda ini bernama NV Simplex, pabrik mesin, sepeda, dan motor.
Tahun 1908 : Simplex meluncurkan sebuah model sepeda roda tiga (khususnya untuk mengangkut orang sakit). Model ini secara tidak langsung untuk angkutan jarak jauh.
Tahun 1939 : Simplex memperkenalkan sebuah sepeda alumunium dengan berat 12 kg.Produksi terhenti akibat perang antara tahun 1943 akhir tahun 1945.
Tahun 1952 : Simplex bergabung dengan Locomotief, dan sekitar tahun 1960 telah menghasilkan 55.000 sepeda. Berarti telah memberikan kontriusi 10% dari produksi sepeda di Belanda.
Gazelle
1892 : Willem
Kolling, yang bekerja sebagai agen kantor pos di sebuah desa di Belanda yang
bernama Dieren, mengundurkan diri dan memulai usaha dagang sepeda dengan
memesan sebuah sepeda di Inggris. Usaha dagangnya berkembang dengan sangat
bagus. Kolling kemudian memulai kerja sama dengan pengecer perangkat dari besi
dan kompor Rudolf Arentzen dari Dieren.
1902 : Arentzen dan Kolling membeli tanah dan bangunan baru di tempat berdirinya pabrik yang sekarang dan memulai produksi sepeda. Dalam tahun yang sama, sepeda pertama kali yang bermerk Gazelle mulai dijual.
1903 : Kemudian Gazelle memperkenalkan produksi sepeda motornya yang pertama, namun tidak dibuat oleh Gazelle sendiri.
1905 : Meskipun perdagangannya berkembang bagus Arentzen mengundurkan diri dari perusahaan itu. Posisinya digantikan oleh Hendrik Kolling, saudara Willem Kolling.
1912 : Dengan perluasan besar-besaran terhadap tanah dan bangunan awal mereka, dan dengan alat – alat permesinan yang modern dan spesialis, rencana produksi sendiri bisa direalisasikan sepenuhnya. Meraka memiliki spesialisasi dalam pembuatan sepeda lengkap. Sementara itu aktivitas perdagangan borongan Gazelle menjadi semakin penting.
1915 : Keluarga Kolling dan kemenakan mereka Van Breuking mengganti nama perusahaan menjadi “N.V. Gazelle Rijwielfabriek v/h Arentzen en Kolling dalam dua puluh lima tahun berikutnya perusahaan ini mengalami pertumbuha yang mantap. Permintaan dari outlet domestik serta permintaan internasional meningkat secara signifikan. Hal ini juga karena pasar yang berkembang bagi sepeda Gazelle di
1902 : Arentzen dan Kolling membeli tanah dan bangunan baru di tempat berdirinya pabrik yang sekarang dan memulai produksi sepeda. Dalam tahun yang sama, sepeda pertama kali yang bermerk Gazelle mulai dijual.
1903 : Kemudian Gazelle memperkenalkan produksi sepeda motornya yang pertama, namun tidak dibuat oleh Gazelle sendiri.
1905 : Meskipun perdagangannya berkembang bagus Arentzen mengundurkan diri dari perusahaan itu. Posisinya digantikan oleh Hendrik Kolling, saudara Willem Kolling.
1912 : Dengan perluasan besar-besaran terhadap tanah dan bangunan awal mereka, dan dengan alat – alat permesinan yang modern dan spesialis, rencana produksi sendiri bisa direalisasikan sepenuhnya. Meraka memiliki spesialisasi dalam pembuatan sepeda lengkap. Sementara itu aktivitas perdagangan borongan Gazelle menjadi semakin penting.
1915 : Keluarga Kolling dan kemenakan mereka Van Breuking mengganti nama perusahaan menjadi “N.V. Gazelle Rijwielfabriek v/h Arentzen en Kolling dalam dua puluh lima tahun berikutnya perusahaan ini mengalami pertumbuha yang mantap. Permintaan dari outlet domestik serta permintaan internasional meningkat secara signifikan. Hal ini juga karena pasar yang berkembang bagi sepeda Gazelle di
Indonesia
yang pada saat itu menjadi salah satu koloni Belanda. Disamping sepeda – sepeda
standar, beberapa jenis sepeda bermotor, delivery bicycles (sepeda antar) dan
carier tricyles (sepeda muatan tiga roda) diproduksi untuk berbagai sektor
idustri.
1930 – 1931 :
Gazelle memperkenalkan model kerangka silang 9X dan 8V.:
1930 – 1931 :
Gazelle memperkenalkan model kerangka silang 9X dan 8V.:
1931 :
Sebagai variasi merek Invicta muncul dalam katalog Gazelle, sementara itu merek
Gelria juga diperkenalkan.
1935 : Gazelle memperkenalkan tandem pertama, yang sangat populer dalam tahun – tahun sebelum Perang Dunia II. Pada tahun perkenalannya, 600 tandem segera terjual.
1937 : Sepeda listrik yang digerakkan oleh akumulator 12V dan didisain oleh Philips diproduksi oleh lima pembuat sepeda yang terkenal di Belanda. Diantara mereka, Gazelle adalah yang paling penting dan mereka memproduksi 117 sepeda jenis ini. Tetapi sepeda – sepeda jenis
1935 : Gazelle memperkenalkan tandem pertama, yang sangat populer dalam tahun – tahun sebelum Perang Dunia II. Pada tahun perkenalannya, 600 tandem segera terjual.
1937 : Sepeda listrik yang digerakkan oleh akumulator 12V dan didisain oleh Philips diproduksi oleh lima pembuat sepeda yang terkenal di Belanda. Diantara mereka, Gazelle adalah yang paling penting dan mereka memproduksi 117 sepeda jenis ini. Tetapi sepeda – sepeda jenis
ini tidak pernah sangat populer. Seperti bagi
banyak perusahaan Belanda lainnya, perang merupakan masa yang sulit bagi
Gazelle. Sebagian besar mesin pabrik diongkar oleh tentara Jerman yang
menduduki dan
diangkat ke
Jerman. Mesin yang masih tersisa diledakkan persis sebelum kedatangan Sekutu.
Selain itu, pabrik Willem Kolling menderita kerusakan hebat akibat perang.
Dalam bulan Agustus 1946 sepeda Gazelle paska perang yang pertama tersedia, dan pada tahun 1950 tersedia sepeda Gazelle dengan clip-on motor. Produksi carrier bicycles (sepeda muatan beroda dua) dan carrier tricycles (sepeda muatan beroda tiga) diteruskan.
1954 : Perusahaan Gazelle yang sebelumnya merupakan perusahaan pribadi diubah menjadi sebuah incorporation. Pada tahun yang sama, Gazelle membuat 1.000.000 sepeda.
1963 : Di awal tahun 1963, Gazelle melakukan merger dengan Batavus dari Heerenveen. Kerja sama ini tidak bisa memnuhi harapan yang mendasari dan putus sesudah dua tahun.
1964 : Gazelle merupakan perusahaan pembuat sepeda Belanda pertama yang memperkenalkan sepeda lipat (folding bike) yang dinamai “Kwikstep”. Berbeda dengan sepeda lipat umum lainnya, Kwikstep dilipat pada sumbu horizontal di bawah siku – siku bawah (bottom bracket), tidak pada sumbu vertikal.
1966 : Gazelle memperkenalkan kembali model tandem, kali ini jenis modern yang tidak begitu berat. Pada tahun yang sama 2.000.000 sepeda Gazelle dibuat.
1968 : Gazelle mengambil alih merek juncker, Simplex dan Locomotie serta merek moped terkenal Berini.
Selain hub (poros) depan dengan rem tromol (drum-brake front hub) bermerek Gazelle, yang masih diproduksi sampai sekarang, Gazelle juga memproduksi three-speed rear hub (poros belakang dengan tiga kecepatan) dan (dalam kebanyakan kasus) dengan rem tromol pada tahun enam puluhan. Sesudah membuat sekitar 45.000 50.000 unit, produksi dihentikan di akhir tahun enam puluhan karena biaya yang tinggi.
1971 : Gazelleh diambil alih oleh Tube Investment (TI). Nama perusahaan ini adalah “Gazelle Rijwielfabriek B.V”, sebuah perseroan terbatas swasta
Dalam bulan Agustus 1946 sepeda Gazelle paska perang yang pertama tersedia, dan pada tahun 1950 tersedia sepeda Gazelle dengan clip-on motor. Produksi carrier bicycles (sepeda muatan beroda dua) dan carrier tricycles (sepeda muatan beroda tiga) diteruskan.
1954 : Perusahaan Gazelle yang sebelumnya merupakan perusahaan pribadi diubah menjadi sebuah incorporation. Pada tahun yang sama, Gazelle membuat 1.000.000 sepeda.
1963 : Di awal tahun 1963, Gazelle melakukan merger dengan Batavus dari Heerenveen. Kerja sama ini tidak bisa memnuhi harapan yang mendasari dan putus sesudah dua tahun.
1964 : Gazelle merupakan perusahaan pembuat sepeda Belanda pertama yang memperkenalkan sepeda lipat (folding bike) yang dinamai “Kwikstep”. Berbeda dengan sepeda lipat umum lainnya, Kwikstep dilipat pada sumbu horizontal di bawah siku – siku bawah (bottom bracket), tidak pada sumbu vertikal.
1966 : Gazelle memperkenalkan kembali model tandem, kali ini jenis modern yang tidak begitu berat. Pada tahun yang sama 2.000.000 sepeda Gazelle dibuat.
1968 : Gazelle mengambil alih merek juncker, Simplex dan Locomotie serta merek moped terkenal Berini.
Selain hub (poros) depan dengan rem tromol (drum-brake front hub) bermerek Gazelle, yang masih diproduksi sampai sekarang, Gazelle juga memproduksi three-speed rear hub (poros belakang dengan tiga kecepatan) dan (dalam kebanyakan kasus) dengan rem tromol pada tahun enam puluhan. Sesudah membuat sekitar 45.000 50.000 unit, produksi dihentikan di akhir tahun enam puluhan karena biaya yang tinggi.
1971 : Gazelleh diambil alih oleh Tube Investment (TI). Nama perusahaan ini adalah “Gazelle Rijwielfabriek B.V”, sebuah perseroan terbatas swasta
Private Limited Company:
1987 : TI menjual divisi sepedanya kepada Derby Cycles Corp. Perusahaan
multinasional dengan kantor pusat di New York ini sekarang juga memiliki
perusahaan pembuat sepeda Raleigh, produsen sepeda Sturmey-Archer serta merek –
merek sepeda Jerman yang terkenal Kalkhoff, Rixe, Winora, dan Staiger.
1992 : Gazelle merayakan ulang tahun yang ke-100. Pada tahun yang sama, produksi total kumulatifnya mencapai 8 juta unit.
1999 : Dibulan april, Gazelle mencapai tong-sejarah baru : 10 juta sepeda telah dikeluarkan oleh pabrik. Gazelle sekarang memperkerjakan 550 karyawan dan menghasilkan lebih dari 300.000 sepeda
1992 : Gazelle merayakan ulang tahun yang ke-100. Pada tahun yang sama, produksi total kumulatifnya mencapai 8 juta unit.
1999 : Dibulan april, Gazelle mencapai tong-sejarah baru : 10 juta sepeda telah dikeluarkan oleh pabrik. Gazelle sekarang memperkerjakan 550 karyawan dan menghasilkan lebih dari 300.000 sepeda
dalam setahun. Gazelle merupakan salah
satu dari sedikit perusahaan pembuat sepeda besar yang masih membuat sendiri sebagian
besar rangkanya 20% dari total produksi di ekspor ke Belgia dan wilayah –
wilayah Jerman yang berdekatan.
2001 : Derby Cycles Corporation menjual Gazelle kepada daa investasi Belanda
‘Guide Buy Out Fund’. Gazelle berkembang bagus, tetapi Derby mengalami masalah
finansial yang serius. Produksi tahunannya adalah sekitar 380.000 unit,
sementara pangsa pasar Gazelle mencapai sekitar tiga puluh persen.
Sekarang ini, Gazelle diproduksi dalam jumlah besar dan dikenal sebagai sepeda yang sangat nyaman dan tangguh Mercedes Benz-nya merek-merek sepeda Belanda. (sepeda muatan Gazelle yang bisa dilipat(pertama kali dibuat pada tahun 1930). KOtak muatannya bisa dilipat dan casisnya juga bisa diubah).
Sepeda Gazelle bisa dilacak tahun pebuatannya dengan sangat mudah. Ada daftar nomor rangka periode 1916 – 1950, yang beraal dari arsip-arsip Gazelle.
Gazelle menggunakan nomor kerangka langsung sampai tahun 1974, ketika sekitar angka. Angka pertama mengacu kepada angka terakhir tahun pembuatan. Semenjak 1981, Gazelle menggunakan nomor kerangka dengan tujuh angka.
Sekarang ini, Gazelle diproduksi dalam jumlah besar dan dikenal sebagai sepeda yang sangat nyaman dan tangguh Mercedes Benz-nya merek-merek sepeda Belanda. (sepeda muatan Gazelle yang bisa dilipat(pertama kali dibuat pada tahun 1930). KOtak muatannya bisa dilipat dan casisnya juga bisa diubah).
Sepeda Gazelle bisa dilacak tahun pebuatannya dengan sangat mudah. Ada daftar nomor rangka periode 1916 – 1950, yang beraal dari arsip-arsip Gazelle.
Gazelle menggunakan nomor kerangka langsung sampai tahun 1974, ketika sekitar angka. Angka pertama mengacu kepada angka terakhir tahun pembuatan. Semenjak 1981, Gazelle menggunakan nomor kerangka dengan tujuh angka.
Batavus

1904 – Andries Gaastra (lahir 1880) memulai usahanya bersama sang isteri Dientje pada 15 September 1904 sebuah perusahaan jam tangan dan mesin jahit. Gaastra dilatih sebagai tukang reparasi jam dan sebelumnya bekerja untuk sebuah perusahaan di daerah itu.
Semangat kewirausahaan yang dipimpin dia dan istrinya membentuk sebuah perusahaan swasta, yang terletak di gedung baru di pusat kota Heerenveen.
Awalnya mereka mulai dengan satu toko di sini, tapi bangunan ini akan segera menjadi rumah untuk jenis perdagangan barang. Impor dan dijual kembali (sering untuk grosir) berkembang menjadi bisnis inti, dikombinasikan dengan perakitan sepeda.
Tak lama setelah dimulainya perusahaan, Gaastra mulai mengimpor sepeda dari Jerman. Di pasar yang tumbuh cepat untuk sepeda (sekitar seratus tahun lalu, yang penuh persaingan) ada tawaran besar dari Jerman, Perancis dan Inggris, yang kala itu mengabaikan sisi patriotik seorang belanda. Gaastra bertemu secara teratur di Leipziger Messe dan melakukan bisnis sepeda dengan merk Jerman “Presto” dari Chemnitz. Impor ini berjalan dengan baik, dan pada tahun 1913 ia menjadi importir merek ini.
1909 – Tidak jelas di mana dan tahun berapa sepeda pertama bermerk Batavus dan
bernama Batafus pertama dirakit. Pada tahun 1909, nama merek Batafus terdaftar
secara hukum.
1911 – Nama merk ini baru beken dan dikenal pada tahun 1911. namun, di bawah merk dagang ini, Gaastra masih menjual mesin jahit dan bagian-bagian sepeda (misalnya lampu karbid). Dalam penelitian kami, semua kasus yang melibatkan artikel yang berasal dari tempat lain, nama atau Batavus Batafus sudah banyak diterapkan.
Masih belum jelas alasan penggunaan simultan dari nama Batavus dan Batafus.
Kedua nama yang digunakan berdampingan sejak 1910. Platmerk atau emblem akrab
dengan nama Batafus.1911 – Nama merk ini baru beken dan dikenal pada tahun 1911. namun, di bawah merk dagang ini, Gaastra masih menjual mesin jahit dan bagian-bagian sepeda (misalnya lampu karbid). Dalam penelitian kami, semua kasus yang melibatkan artikel yang berasal dari tempat lain, nama atau Batavus Batafus sudah banyak diterapkan.
1916 – Usaha di bidang perdagangan dan perakitan sepeda berjalan dengan baik pada tahun 1916, kemudian perusahaan mengangkat Gaastra. Diputuskan untuk lebih fokus pada produksi sepeda pada tahun 1917, dan mulai merakit dan membeli sepeda berbahan nikel dari Phoenix di Heerenveen, yang sudah ada sejak 1895. Fasilitas nikel yang dijual sebagai nama merek Phoenix. yang kemudian Mr Strasberg dari Leeuwarden membeli nama ini dan mulai tahun yang sama pabrik Phoenix didirikan di Leeuwarden.
1921 – Pada tahun 1921 Gaastra mempunyai sekitar 20 staf yang dipekerjakan, termasuk beberapa perwakilan yang berkelana ke seluruh negeri.
Sebagai perbandingan, saat itu Fongers dan Simplex mempunyai lebih dari tiga ratus karyawan.Meskipun produksi dalam negeri meningkat secara signifikan, hal ini diperkirakan tidak lebih dari beberapa ribu sepeda per tahun.
1924 - Sejak 1924, barulah sepeda merk Batavus digunakan, meskipun hak untuk merek pada tahun 1929 Batafus diperpanjang. Sungguh luar biasa bahwa kami menemukan pada sepeda tua milik Gorredijk, di hub depan, merk Batafus tertera, namun emblem/merkplat nya bernama Batavus. Gaastra mungkin sengaja memversifikasi dan mencari kedua nama bersebelahan.
1928 – Pada tahun 1928, Gerrit Gaastra memimpin departemen produksi langsung. Periode ini merupakan pengembangan lebih lanjut dari sepeda Phoenix, dan kemudian memproduksi sendiri semua perangkat dengan nama Batavus. ada juga Sub-merek Batavus saat tahun dua puluhan dan tiga puluhan, yaitu : Galvano, Arie Scheffer dan Armada.
1930 – Sekitar 1930 memulai produksi mesin sepeda (moped) tahap pertama (125 cc). Produksi mesin adalah skala kecil dan akan berlanjut sampai sekitar 1950. Dan dimasa tahun tersebut (yang sangat sulit) Batavus malah mencoba memproduksi alat-alat ice skating. Produk ini mencapai penjualan 50.000 unit per tahun. namun Pada tahun 1954, tidak memproduksi lagi.
Juga berkat diferensiasi produk, Batavus di tahun tiga puluhan terus tumbuh dan berkembang, sehingga perusahaan pada tahun 1940 mempunyai 120 jumlah staf. Selama tahun-tahun perang, banyak karyawan dipindahkan ke Jerman. Produksi di Heerenveen perlahan-lahan terhenti.
1945 – Pada tahun 1945 hanya ada 30 karyawan di pabrik. Kemudian pendiri perusahaan, Gaastra meninggal pada tahun yang sama dan kepemimpinan beralih ke putranya Hans. Pada tahun-tahun sesudah perang, produksi secara bertahap dilanjutkan, dengan kelangkaan bahan merupakan faktor penghambat yang serius.
1949 – Pimpinan perusahaan memutuskan pada tahun 1949 untuk memulai produksi sepeda motor. Model ini diperkenalkan Bilonet (disebut juga moped) yang kemudian menjadi sukses besar.
1950 – Pada tahun 1950 Hans Gaastra meninggal dalam kecelakaan mobil. kemudian digantikan oleh anaknya, Di bawah kepemimpinannya perusahaan akan menyebarkan percepatan pertumbuhan dan membuat lompatan ke puncak industri sepeda Belanda. Awal lima puluhan, tidak hanya meningkatkan produksi sepeda, produksi moped pun untung besar.

1958 – Perusahaan ini melakukan sebuah akuisisi besar-besaran pada tahun 1958 dengan membeli merek Bato di Tiel.
Merek Batavus memiliki reputasi tertentu
untuk model sportfietsen. Merek ini pun mempertahankan dan model sportfietsen
yang membuatnya sangat terkenal. Batavus merupakan salah satu merek pertama
yang berfokus pada segmen sport. Sementara mengendarai dengan ukuran roda yang
lebih kecil dan sistem kinetik Periode akhir lima puluhan mulailah dengan
ekspor sepeda Batavus ke Amerika Serikat dan Indonesia.
Produksi terus tumbuh, tetapi pada awal tahun enam puluhan banyak produsen
umengalami masalh soal gaji. pada tahun 1963 Gazelle dan Batavus memutuskan
untuk bergabung dengan alasan efisiensi. Namun, perbedaan pendapat antara
diantara eksekutif mereka membuat merger ini dibubarkan lagi pada bulan Juli
1965, Era ekspansi akhirnya tiba dan di tahun enam puluhan peta perubahan
industri sepeda Belanda berubah secara dramatis.
Batavus Favoriet Classic - The 2009 Favoriet is essentially the 2008 Old Dutch 3speed in a classed up livery. Like the 2009 Old Dutch, the Favoriet is a classic Dutch bike with coaster brakes, only the Favoriet features the 3speed internal gear hub. A best seller!
1967 – Perusahaan terus tumbuh dan kemudian pada tahun 1967 memulai produksi furnitur baja untuk rumah sakit, yang aktivitas dihentikan lagi pada tahun 1975.
1969 – Pada tahun 1969 Batavus mengakuisisi Magnet di Weesp, pada tahun 1970 Batavus juga mengakuisisi Group PFG (Phoenix, Fongers, Germaan).
Dengan akuisisi ini, semua pabrik terkonsentrasi di Heerenveen. Dan dengan akuisisi inilah yang akan Batavus salah satu produsen terbesar di Belanda. bahkan produksi Moped dalam periode ini mencapai puncaknya, sekitar 70.000 unit per tahun.
1971 – Pada tahun 1971, perusahaan ini bergabung dengan kelompok Laura Limburg. Diharapkan dengan cara ini perusahaan lebih luas dan maju. Sementara itu, perusahaan memiliki luas lantai 24.000 meter persegi. Ada rasionalisasi terus-menerus dari produksi, yang diperlukan dalam pasar yang sangat kompetitif untuk bertahan hidup.
1974 – Pada tahun 1974 Gerrit Gaastra berhenti dari perusahaan dan mengakhiri hegemoni Gaastra. Pada tahun yang sama diluncurkan pabrik Batavus dengan perusahaan baru Koga Miyata oleh sang cucu Andrew (yang ‘pergi’ dari Gaastra). Tahun ini, perusahaan memiliki sekitar 650 karyawan.
1978 – Pada tahun 1978, Batavus memiliki club sendiri dengan majalah sendiri, “Berita Batavus”.
1979 – Pada tahun 1979, peringatan 75-tahun. Perusahaan ini sekarang membuat sekitar 250.000 sepeda per tahun, sementara produksi sepeda motor telah menurun menjadi 12.000 unit.
1984 – Sementara itu, produksi sepeda motor semakin turun pada tahun 1984. Kebalikannya, tahun ini produksi sepeda menghasilkan angka: Lima Juta unit.
1986 – Hal ini tidak baik dengan kondisi perusahaan, yang mengarah ke kebangkrutan pada tahun 1986. Setelah dimulai lagi dengan 200 karyawan. produksi di awal tahun delapan puluhan.
1987 – Dipimpin oleh Hans Wezenaar, perusahaan sejak tahun 1987 sebagai bagian dari Kelompok Siklus Atag memiliki pertumbuhan yang kuat.
1994 – Pada tahun 1994, dirayakan pesta ulang tahun ke sembilan puluh di stadion es Thialf.
1997 – Pada tahun 1997 Gerrit Gaastra meninggal pada usia 88 tahun.Pada tahun yang sama, lebih dari perhatian pada fakta bahwa Batavus memproduksi 8.000.000 sepeda.
1998 – Pada tahun 1998, Grup Accell membentuk perusahaan yang terdaftar independen. Batavus mengakuisisi: Koga Miyata, Hercules, Lapierre, Winora, Hadee, HUNLAND, Mercier dan Sparta (1999). Baru-baru ini merek Swedia Kronan juga diakuisisi oleh Batavus.
Batavus Favoriet Classic - The 2009 Favoriet is essentially the 2008 Old Dutch 3speed in a classed up livery. Like the 2009 Old Dutch, the Favoriet is a classic Dutch bike with coaster brakes, only the Favoriet features the 3speed internal gear hub. A best seller!
1967 – Perusahaan terus tumbuh dan kemudian pada tahun 1967 memulai produksi furnitur baja untuk rumah sakit, yang aktivitas dihentikan lagi pada tahun 1975.
1969 – Pada tahun 1969 Batavus mengakuisisi Magnet di Weesp, pada tahun 1970 Batavus juga mengakuisisi Group PFG (Phoenix, Fongers, Germaan).
Dengan akuisisi ini, semua pabrik terkonsentrasi di Heerenveen. Dan dengan akuisisi inilah yang akan Batavus salah satu produsen terbesar di Belanda. bahkan produksi Moped dalam periode ini mencapai puncaknya, sekitar 70.000 unit per tahun.
1971 – Pada tahun 1971, perusahaan ini bergabung dengan kelompok Laura Limburg. Diharapkan dengan cara ini perusahaan lebih luas dan maju. Sementara itu, perusahaan memiliki luas lantai 24.000 meter persegi. Ada rasionalisasi terus-menerus dari produksi, yang diperlukan dalam pasar yang sangat kompetitif untuk bertahan hidup.
1974 – Pada tahun 1974 Gerrit Gaastra berhenti dari perusahaan dan mengakhiri hegemoni Gaastra. Pada tahun yang sama diluncurkan pabrik Batavus dengan perusahaan baru Koga Miyata oleh sang cucu Andrew (yang ‘pergi’ dari Gaastra). Tahun ini, perusahaan memiliki sekitar 650 karyawan.
1978 – Pada tahun 1978, Batavus memiliki club sendiri dengan majalah sendiri, “Berita Batavus”.
1979 – Pada tahun 1979, peringatan 75-tahun. Perusahaan ini sekarang membuat sekitar 250.000 sepeda per tahun, sementara produksi sepeda motor telah menurun menjadi 12.000 unit.
1984 – Sementara itu, produksi sepeda motor semakin turun pada tahun 1984. Kebalikannya, tahun ini produksi sepeda menghasilkan angka: Lima Juta unit.
1986 – Hal ini tidak baik dengan kondisi perusahaan, yang mengarah ke kebangkrutan pada tahun 1986. Setelah dimulai lagi dengan 200 karyawan. produksi di awal tahun delapan puluhan.
1987 – Dipimpin oleh Hans Wezenaar, perusahaan sejak tahun 1987 sebagai bagian dari Kelompok Siklus Atag memiliki pertumbuhan yang kuat.
1994 – Pada tahun 1994, dirayakan pesta ulang tahun ke sembilan puluh di stadion es Thialf.
1997 – Pada tahun 1997 Gerrit Gaastra meninggal pada usia 88 tahun.Pada tahun yang sama, lebih dari perhatian pada fakta bahwa Batavus memproduksi 8.000.000 sepeda.
1998 – Pada tahun 1998, Grup Accell membentuk perusahaan yang terdaftar independen. Batavus mengakuisisi: Koga Miyata, Hercules, Lapierre, Winora, Hadee, HUNLAND, Mercier dan Sparta (1999). Baru-baru ini merek Swedia Kronan juga diakuisisi oleh Batavus.
Veeno
1908 : Pieter van der Veen Rzn, yang telah datang ke Bedum untuk menangani reparasi sepeda di tukang tembaga Bodewes, memulai usahanya sendiri di sebuah gudang di belakang rumahnya. Disini ia memproduksi sepeda “Bedum”, bekerja sebagai tukang tembaga, dan menjua, mereparasi, tukang tambal nikel dan memernis berbagai onderdil.1911 : Meskipun sebelumnya disebut “P. van der Veer Rzn, tukang tembaga dan pembuat sepeda”, perusahaan ini untuk pertama kalinya memiliki nama merek yang nyata : pembuat sepeda “Bedum”.
Pada tahun 1912, sebuah sepeda “Bedum” baru akan berharga
Hfl.40,-, sudah termasuk garansi satu tahun.
1917 : Van den Veen membangun sebuah pabrik baru di Noodwolderweg, pembuat sepeda Veeno. Nama ini merupakan singkatan dari Van der Veen dan ekstensi “o”, karena penggunaan nama Bedum tidak lagi dizinkian karena diambil dari nama geografis.Nama ini harus mengandung lima huruf karena ruang yang sudah dipesan pada semua onderdil. Bangunan baru ini berisi peralatan nikel dan enamel, mesin sandblowing, bengkel mobil dan reparasi mesin dan sebuah gudang. Selain itu juga melayani pesewaan mobil.
1920 : Perusahaan diubah menjadi public limited company (perseroan terbatas
publik),”N. V. Rijwielenfabriek Veeno”.
1921 : Veeno membuat enam model yang berbeda (untuk perempuan dan laki – laki) : Express, Luxe A, Model A, Model B, Model C1 dan model C2). Kapasitas perusahaan ditingkatkan pada tahun ini, juga pada tahun 1928, 1930, 1939, dan 1957.
1921 : Veeno membuat enam model yang berbeda (untuk perempuan dan laki – laki) : Express, Luxe A, Model A, Model B, Model C1 dan model C2). Kapasitas perusahaan ditingkatkan pada tahun ini, juga pada tahun 1928, 1930, 1939, dan 1957.
1923 : Veeno memperkenalkan model Truck.
1931 : Dengan dimulainya instalasi chroming modern baru mereka, Veeno bisa menyediakan onderdil berlapis nikel dan dilapisi krom. Mulai sekitar tahun 1933 ke depan, diperkenalkan apa yang disebut “Sepeda Pastor”. Ini merupakan model sepeda perempuan dengan kerangka yang lebih panjang dari biasanya, sehingga para suster dan pastor bisa mengendarai sepeda sambil mengenakan jubah mereka.
Pada tahun tiga puluhan, transport tricycles (sepeda angkutan roda tiga) muncul untuk pertama kalinya. Ada empat jenis : biasa (hanya casis), terbuka, dengan sebuah kotak tertutup, dan bahkan ada pilihan dengan sebuah mesin pembantu. (Veeno delivery tricycles)sepeda muatan roda tiga, pada prinsipnya sama dengan sepeda jenis Denmark “Long John”. Sepeda ini memiliki ciri “Tors safety forks” (porok keselamatan tors, sebuah disain khusus Veeno. Jumlah edisi sepeda jenis ini kemungkinan sangat terbatas. Yang baru pada masa itu adalah model tors dan Holfa (“Hollands Fabrikaat” = buatan Belanda)
1940 : Dalam sebuah surat kepada pelanggan mereka, Veeno dengan sopan meminta supaya mereka memesan sedikit mungkin. Tentu saja, hal ini berkaitan dengan perang. seperti perusahaan yang lain, Veeno menghadapi masalah dalam mencari bahan baku. Dalam masalah ini,seluruh pabrik diduduki oleh tentara Jerman.
1931 : Dengan dimulainya instalasi chroming modern baru mereka, Veeno bisa menyediakan onderdil berlapis nikel dan dilapisi krom. Mulai sekitar tahun 1933 ke depan, diperkenalkan apa yang disebut “Sepeda Pastor”. Ini merupakan model sepeda perempuan dengan kerangka yang lebih panjang dari biasanya, sehingga para suster dan pastor bisa mengendarai sepeda sambil mengenakan jubah mereka.
Pada tahun tiga puluhan, transport tricycles (sepeda angkutan roda tiga) muncul untuk pertama kalinya. Ada empat jenis : biasa (hanya casis), terbuka, dengan sebuah kotak tertutup, dan bahkan ada pilihan dengan sebuah mesin pembantu. (Veeno delivery tricycles)sepeda muatan roda tiga, pada prinsipnya sama dengan sepeda jenis Denmark “Long John”. Sepeda ini memiliki ciri “Tors safety forks” (porok keselamatan tors, sebuah disain khusus Veeno. Jumlah edisi sepeda jenis ini kemungkinan sangat terbatas. Yang baru pada masa itu adalah model tors dan Holfa (“Hollands Fabrikaat” = buatan Belanda)
1940 : Dalam sebuah surat kepada pelanggan mereka, Veeno dengan sopan meminta supaya mereka memesan sedikit mungkin. Tentu saja, hal ini berkaitan dengan perang. seperti perusahaan yang lain, Veeno menghadapi masalah dalam mencari bahan baku. Dalam masalah ini,seluruh pabrik diduduki oleh tentara Jerman.
1953 : R. J. Van der Veen, putera laki – laki pendirinya, menjadi co-director Veeno.
1958 : Pada peringatan hari jadi, P. Van der Veen Rzn, Pendiri dan direktur yang beusia 73 tahun meninggal. Tentu saja, pesta yang sudah direncanakan dibatalkan karena peristiwa sedih ini. Tahun enam puluhan merupakan tahun terbaik Veeno dari sisi produksi. Veeno memiliki reputasi yang sangat kuat dan penjualannya sangat bagus di seluruh Belanda. Pada saat ni, lebih dari 100 karaywan dikontrak dan outputnya sekitar 10.000 unit setiap tahun. Model – model yang terkenal adalah Rocket, Spirit, Veenolita dan Toer Populair,
Tetapi segera Veeno menghadapi masalah keuangan seperti kebanyakan pemain lainnya dalam industri sepeda. Pada tanggal 24 September 1965 moratorium pembayaran (penangguhan) diberikan kepada Veeno, Pada tahun 1966, jumlah karyawan dikurangi kurang lebih menjadi 35 orang.
1967 : Tidakan penyelamatan ini juga gagal. Pada tanggal 10 Februari 1967 ‘N. V. Rijwielenfabriek Veeno’ dinyatakan bangkrut. Merek dagang Veeno diambil alih oleh Rijwielfabriek De Wilde di Nieuwe Niedorp, bersamaan dengan nama Veenolite, Tors, Rocket, Holfa dan Truck. Pembuat rangka ini Sluis di Surhuisterveen mengambil alih hak usahanya, tetapi perusahaan itu tetap bangkrut sesudah kebakaran pada tahun 1982. Sisa – sisanya diambil oleh Rivel di Surhuisterveen, yang pada gilirannya diambil alih oleh Union. Sekarang sepeda – sepeda Veeno dibuat oleh Union dan didistribusikan oleh Tweewieler Inkoop, en marketing Combinatie”, TWICO, sebuah organisasi pengecer.
Meski pun Veeno bukanlah perusahaan pembuat sepeda yang besar, kualitas bagus dari sepedanya tidak perlu diertanyakan lagi. Beberapa dari detil – detilnya dari tahun lima puluhan sampai enam puluhan menunjukkan bahwa perusahaan ini agak konservatif.
Misalnya, mereka tetap membuat sepeda dengan siku Thompson 45 mm padat [solid 45 mm hompson bracket] (Gazelle adalah satu satunya yang menggunakan siku – siku ini yang bahkan lebih panjang pada sepeda muatan mereka). Porok dengan bantalan tertutup bisa ditemukan pada sepeda – sepeda Veeno sampai tahun 1960. Akhirnya, sampai kurang lebih tahun 1960 Veeno hanya membuat roadster (28 x 1 “) sepeda dengan ukuran roda yang lebih kecil dan lebih murah.
Terjemahan oleh Dirk den Hamer (dari Belanda ke Inggris)
sumber : (http://www.kaskus.us/showthread.php?t=13770763)
Raleigh
Sejarah The Raleigh menawarkan Sepeda Onthel yang sangat baik dalam sejarah siklus manufaktur di Great Britain.
Sebuah sepeda
paling nyaman untuk di gunakan secara teratur. Catatan komprehensif nomor frame
Raleigh merupakan faktor yang sangat berguna.
Daftar di
bawah ini telah digunakan selama bertahun-tahun, ketika membeli sepeda vintage,
yang perlu diingat adalah perusahaan yang masih ‘asli’ sebelum diambil alih
oleh Raleigh:
- Humber 1932
- Rudge-Whitworth 1943
- Triumph 1954
- Three Spires 1954
- BSA, New Hudson, Sunbeam 1957
- Phillips 1960
- Hercules 1960
- Norman 1960
Sepeda Raleigh
sekitar tahun 1977. Perhatikan dominasi sepeda dengan roda-roda kecil yang
dominan.
Sejarah
Sepeda Raleigh:
1866 – Raleigh Street, Nottingham, berawal
dari sebuah bengkel kecil yang pada tahun 1886 mulai memproduksi-frame sepeda
keamanan.
Frank Bowden,
seorang pengacara sukses dan dikonversi untuk bersepeda, membeli perusahaan
pada tahun 1887 dan pada Desember 1888 mendirikan The Raleigh Cycle Corp.
Perusahaan ini
tumbuh pesat dalam beberapa tahun kemudian Frank Bowden menjualnya dengan
mendapatkan keuntungan berkisar antara £ 100.000 (setara dengan sekitar 5 juta
poundsterling).
1902 – Pada tahun 1902, roda gigi merk Sturmey
Archer ditambahkan untuk produk Raleigh.
1908 – Enam tahun kemudian, Bowden membeli
kembali Raleigh.
1920 – Pada awal 1920-an, Raleigh adalah
pemimpin dunia, mampu menghasilkan 100.000 sepeda onthel, 250.000 15.000 hub
roda gigi sepeda motor dan 50.000 sepeda motor gearbox.
Raleigh
selamat dari tekanan yang hebat. Ini diperoleh karena siklus Humber pada tahun
1932 dan tahun berikutnya mulai memproduksi sebuah mobil beroda tiga.
1934 – Pada tahun 1934 Raleigh kembali ke
status perusahaan publik, sebagai Raleigh Cycle Holdings Ltd, dengan
menerbitkan saham lebih dari £ 2 juta (= sekitar £ 65 hari).
1938 – Pada 1938, produksi sepeda telah
tumbuh menjadi hampir 500.000 unit per tahun dan perusahaan telah berhenti
membuat sepeda motor dan mobil.
1938-1945 – Selama Perang Dunia Kedua
(1939-1945), Raleigh berkonsentrasi pada pabriknya. Nama rentang itu,
diluncurkan pula pada tahun 1938 sebagai Gazelle, berubah menjadi Robin Hood.
Dan Raleigh mengakuisisi Rudge-Whitworth.
1949 – Setelah perang, walaupun kekurangan
bahan baku berupa baja, siklus produksi Raleigh tetap meningkat pesat. Itu
dibuktikan dengan produksi pada tahun 1949 telah mencapai sekitar 750.000, yang
sebagian besar untuk diekspor.
1958 – Pada tahun 1958 Raleigh company
memproduksi moped dan kemudian meluncurkan skuter. Lebih hebatnya lagi selama periode
ini Raleigh mengakuisisi dua kelompok saingan utama yaitu : Triumph dan Three
Spires pada tahun 1954, dan BSA (termasuk New Hudson dan Sunbeam) pada tahun
1957.
Raleigh
sendiri kemudian diambil alih oleh Tube Investments (TI), yang dimiliki Inggris
Phillips Siklus Corporation, Hercules, Norman dan Sun. Dampak dari merger
ini adalah penjualan sepeda Raleigh semakin berkurang pada tahun 1950.
1960 – Pada bulan Oktober 1960, perjanjian
lisensi disusun Raleigh memungkinkan untuk membuat produk baru antara lain
roda-kecil, unisex dan dual-suspensi sepeda Moulton.
1964 – Pada bulan Maret 1964, Raleigh
menunjukkan Moulton bicycle prototipe RSW16: sebuah roda sepeda kecil un-sprung
dengan baik, lebih kuat dan lebih murah dan dijual melalui dealer-dealer Raleigh.
1968 – Pada tahun 1968, Raleigh
memperkenalkan H-frame-roda kecil dan ditakdirkan untuk menjadi produk dengan
penjualan terbesar dan tetap akan diproduksi sampai 16 tahun.
Raleigh
Nottingham itu selama beberapa dekade menjadi produsen sepeda terkemuka dunia.
Berikut adalah beberapa poin dari satu abad pembuatan sepeda di Religh
Industries :
- 1886 – Tiga Inggris – Woodhead, Angois dan Ellis – mulai membangun sepeda di sebuah bengkel kecil di Raleigh Street, Nottingham.
- 1887 – Alfred Milward Reynolds menciptakan proses menyeruduk (tabung).
- 1887 – Perusahaan Siklus Raleigh – Street Russell.
- 1888 – Frank Bowden membeli kembali Woodhead / Angois / Ellis sepeda lokakarya di Raleigh Street dan mengganti nama itu dengan Raleigh Siklus Perusahaan. Pada titik ini ada sekitar selusin karyawan dan produksi tinggi roda tiga minggu.
- 1889 – Reynolds mendirikan yang paten sela Tube Perusahaan.
- 1895 – Inggris pialang saham pengendali Terah Hooley membeli bunga di Raleigh.
- 1896 – Fred Hanstock membangun sepeda pertama Carlton di Carlton, Inggris.
- 1896 – Raleigh memiliki sepeda terbesar di dunia pabrik, menempati 7 1 / 2 hektar. Ada sekitar 850 karyawan dan produksi sebesar 30.000 unit per tahun.
- 1900 – ‘The Steel-Sepeda Semua’.
- 1902 – Sturmey-Archer dibeli oleh Religh.
- 1904 – Raleignette.
- 1905 – Motor Siklus diproduksi.
- 1906 – Robin Hood Siklus Co Ltd yang diakuisisi.
- 1914 – Lebih dari 50.000 siklus dihasilkan.
- 1914-1918 – bagian 400 Juta untuk Bersenjata (mesiu).
- 1920 – The Nottingham presswork diperoleh.
- 1921 – Sir Frank Bowden meninggal.
- 1921 – Produksi Sepeda Motor kembali.
- 1923 – paten sela Tube Nama perusahaan diubah menjadi Perusahaan Reynolds Tube, Ltd
- 1925 – meningkat menjadi 20 hektar.
- 1928 – 114.072 siklus diproduksi.
- 1931 – HO membuka Lenton Boulevard.
- 1930 – bergerak pabrik sepeda Carlton untuk fasilitas yang lebih besar di Worksop, Inggris.
- 1931-1936 – Keselamatan Tujuh Mobil.
- 1932 – Raleigh membeli Humber Siklus.
- 1934 – Raleigh Industries Ltd
- 1935 – 1531 – Reynolds mangan-molibdenum (“mang-moly”) tubing dikembangkan.
- 1936 Motorised produksi berhenti.
- 1937 – Penemuan dari Sturmey-Archer Dynohub.
- 1938 – Raleighs pertama diekspor ke Kanada.
- 1939 – 409.479 siklus diproduksi.
- 1939-1945 – WW2 Mesiu produksi.
- 1943 – Raleigh membeli Rudge-Whitworth.
- 1943 – Pembayaran bertahap (Nottm Ltd) yang diperoleh.
- 1946 – Pabrik meningkat menjadi 28 hektar – 5.000 Karyawan.
- 1946 – ‘roda tiga Winkle’ – pertama rentang mainan.
- 1947-1948 – Boston USA Plant-Ral. Ind. of America Inc. Ind of America Inc
- 1949 – Raleigh Industries India Ltd
- 1950 – Raleigh Industries Ltd Afrika Selatan
- 1951 – 1.010.077 Siklus diproduksi.
- 1952 – Duke of Edinburgh terbuka Pabrik Baru – Sekarang 40 hektar, 7.000 Karyawan.
- 1953 – Raleigh membeli Siklus Perusahaan Triumph.
- 1955 – Siklus Raleigh Industries Ltd Kanada
- 1957 – Raleigh membeli BSA (Birmingham Small Arms).
- 1958 –Pertama moped diproduksi (Raleigh Mo-PED, kemudian dikenal sebagai RM1).
- 1960 – Raleigh dan Investasi Tube Group (alias TI) bergabung, membentuk TI Raleigh.
- 1965 – RSW 16
- 1967 – Moulton Siklus diakuisisi.
- 1967 – Cox dari Watford diperoleh.
- 1968 – Ratu Elizabeth II dilihat Raleigh.
- 1969 – Dreamline berbagai mendorong kereta bayi / Pushchairs.
- 1970 – Chopper (Inggris)
- 1970 – Produksi berhenti bermotor produk.
1900 Raleigh
Cross Frame
***
Menentukan
Umur Raleigh:
Sebelum 1925,
Raleigh asli (bukan nama merk yang dibuat oleh Raleigh) memiliki nomor rangka
numerik langsung. Awal tahun telah diperkirakan oleh Perusahaan. (Info from the
Nottinghamshire Archives) (Info dari Arsip Nottinghamshire).
Tampaknya
Raleigh mendaur ulang banyak dari nomor seri yang lebih tua di tahun kemudian,
sehingga ada banyak sepeda dari tahun 60-an dan 70-an yang memiliki nomor seri
yang akan mendapatkan usia lebih tua :
- 1888: 1500
- 1889: 3200
- 1890: 5200
- 1891: 7600
- 1892: 10500
- 1893: 13900
- 1894: 19100
- 1895: 25300
- 1896: 32100
- 1897: 39913
- 1898: 45981
- 1899: 54032
- 1900: 65152
- 1900: 69868
- 1901: 77342
- 1902: 89622
- 1903: 102.954
- 1904: 112.673
- 1905: 129.228
- 1906: 154.917
- 1907: 183.073
- 1908: 215.650
- 1909: 249.081
- 1910: 285.669
- 1911: 328.748
- 1912: 375.693
- 1913: 427.829
- 1914: 482.851
- 1915: 517.198
- 1916: 545.198
- 1917: 569.737
- 1918: 592.473
- 1919: 621.678
- 1920: 654.502
- 1921: 688.291
- 1922: 738.447
- 1923: 809.184
- 1924: 899.465
- 1925: 998.077
- 1925-Perang Dunia Kedua
Antara 1925
dan penghentian siklus produksi selama Perang Dunia Kedua, surat sufiks dan
prefiks nomor frame berjalan, meskipun tidak ada indikasi yang diberikan dari
titik awal nomor. Mereka tampaknya hanya memperlihatkan jumlah sepeda yang
diproduksi dan huruf mulai digunakan. Semua tanggal akan dapat
diperkiraan. (Info dari Arsip Nottinghamshire)
- 1925: A1
- 1925: B34181
- 1926-1927: B56536
- 1929: E15693
- 1930: G94785
- 1933: L84682
- 1934: T93945
- 1934: U14540
- 1935: W71147
- 1936: W93161
- 1937: Y184552
- Post Second World War – 1955 Pasca Perang Dunia II – 1955
Setelah
perang, Raleigh mulai menambahkan huruf setelah nomor urut berjalan yang
diulang ketika sebuah surat baru digunakan. (Info dari Arsip Nottinghamshire)
- 1947: 437.689 P
- 1948: 556.894 P
- 1949: 695.051 P
- 1951: 151.179 T
- 1952: 236.530 T
- 1953: 367.369 T
- 1954: 566.722 T
- 1955: 747.951 T
- 1956: 852.312 T
- 1957: 872.584 T
- 1955 – 1966
Sistem
penomoran baru diperkenalkan pada tahun 1955 ditambah dengan yang pertama, yang
dimulai pada awal alfabet :
- 1956: 23839 A
- 1957: 27227 AB
- 1958: 17910 AD
- 1960: 27273 AE
- 1961: 13126 AF
- 1965 / 6: 40814 FD
- 1966: 64521 FE
Catatan: Beberapa di tahun 60 straight-gauge
pertengahan frame 531 memiliki nomor seri yang diawali dengan huruf tunggal
yang menjelang akhir alfabet.
1967 – 1973
Namun sistem lain jumlah diperkenalkan pada tahun 1966. Sistem baru ini diterapkan ke high-end (yaitu Reynolds 531) frame dan melibatkan menempatkan karakter di awal nomor seri. karakter dimulai pada awal abjad, dan menunjukkan tahun pembuatan. Detail tentang angka yang mengikuti alfabet yang jelas dan nomor seri berurut mungkin dari beberapa jenis.
Namun sistem lain jumlah diperkenalkan pada tahun 1966. Sistem baru ini diterapkan ke high-end (yaitu Reynolds 531) frame dan melibatkan menempatkan karakter di awal nomor seri. karakter dimulai pada awal abjad, dan menunjukkan tahun pembuatan. Detail tentang angka yang mengikuti alfabet yang jelas dan nomor seri berurut mungkin dari beberapa jenis.
- 1966: A, diikuti oleh empat angka
- 1967: B, diikuti oleh empat angka
- 1968: C, diikuti oleh empat angka
- 1969: D, diikuti oleh empat angka
- 1970: E, diikuti oleh empat angka
- 1971: F, diikuti oleh empat angka
- 1972: G, diikuti oleh empat angka
- 1973: H, diikuti oleh empat angka
Catatan: Meskipun skema penomoran ini umumnya
benar, mungkin ada beberapa menggunakan crossover di awal / akhir setiap
tahun (misalnya “G” nomor seri mungkin telah dibangun menjadi sebuah sepeda
pada tahun 1973, tetapi frame mungkin memiliki dibangun pada tahun 1972).
***
Teks
di atas diambil dari yang lengkap dan diperbarui versi makalah yang ditulis
oleh Tony Hadland pada bulan Juni 2000 untuk Sejarah Siklus Konferensi
Internasional 11 diadakan di Osaka pada Agustus 2000.
***
Courtesy : ntlworld.com
Translator/Editor/Forwarder : SpedaOntel.wordpress.com
Humber
Tahukah Anda: Sepeda onthel “Humber” ternyata sepeda para bangsawan?
Ciri khasnya dari sepeda Humber adalah garpu yang tidak biasa, yang disebut “Duplex”.
Di mana pipa garpu masing-masing terdiri dari dua tabung terpisah, dan gir yang bergaya/berbentuk lima orang bergandengan.
Humber diproduksi sejak tahun 1880 sampai 1932, kemudian di ambil alih Raleigh, yang kemudian melanjutkannya hingga tahun 1970-an
Ternyata, banyak yang belum mengetahui, dahulu banyak anggota keluarga kerajaan Inggris menyukai bersepeda.
Tapi itu tidak begitu umum
dipahami bahwa Yang Mulia Raja Edward VII juga memakinya. Begitu juga pangeran
dari Connaught, Putri Louise, Pangeran Cornwall dan York, The Duchess of Fife,
dan Putri Maud dan Victoria Wales, kompak dalam mengendarai sepeda terkenal di
dunia ‘HumberCycles’.
HUMBER terkenal dan banyak di temukan di negara koloni Inggris.Untuk Asia, Humber banyak ditemukan di Singapura dan Malaysia, bahkan
menjadi sepeda favorit disana,
dan keberadaannya hampir 100 tahun
yang lalu.
Courtesy/Translator/Editor : Allan Kembar
Courtesy/Sources/Pictures : OldBike.eu
*****
((( SpedaOntel.wordpress.com )))
Onthel itu Beda
“Hidup
itu laksana naik sepeda.
Untuk mempertahankan keseimbangan,
kamu harus tetap bergerak” (Albert Einstein).
Untuk mempertahankan keseimbangan,
kamu harus tetap bergerak” (Albert Einstein).
Bardzo fajnie napisane. Jestem pod wrażeniem i pozdrawiam.
BalasHapus